Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATUR SESI PELAKSANAAN PADA WEBSITE ANBK TAHUN 2021

sditannadwahtamsel.sch.id – Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan Pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetisi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Sebelum kegiatan ANBK dilaksanakan ada beberapa tahap percobaan mulai dari Simulasi, Gladi Bersih setelah itu Pelaksanaan ANBK itu sendiri. Peserta ANBK terdiri dari kelas 4 / 5 (untuk tingkat SD/MI), kelas 8 (untuk tingkat SMP) dan kelas 11 (untuk tingkat SMA/SMK) yang diambil melalui Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan peserta ANBK ditentukan secara otomatis oleh pusat melalui website BIOAN.

 

Sebelum mengikuti kegiatan ANBK pastikan sudah dipersiapan dengan baik mulai dari data siswa, komputer/laptop, koneksi internet, ruang pelaksaan ANBK dan server (bagi sekolah yang memilih mode pelaksanaan semi online).

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatur sesi pada website ANBK, sebelum melakukan proses pengaturan sesi yang pertama harus kita lakukan adalah menarik data siswa dari BIOAN ke dalan website ANBK.

 

Langsung saja kita bahas bagaimana cara mengatur sesi pada website ANBK :

 

Step #1. Kunjungi laman web https://anbk.kemdikbud.go.id/

Step #2. Masukkan username, password dan kode keamanan yang telah diberikan


Step #3. Setelah berhasil masuk maka akan muncul dashboard seperti dibawah ini


Step #4. Setelah itu pilih menu Biodata Siswa untuk menarik siswa dari BIOAN

Step #5. Lalu klik Ambil Dari Bio-AN dan pilih Ya



Step #6. Jika telah berhasil melakukan penarikan data siswa maka akan muncul daftar siswa pada menu Biodata Siswa seperti dibawah ini


Step #7. Setelah menarik data siswa, selanjutnya buka menu Asesmen Nasional dan pilih Pengaturan Sesi


Step #8. Kemudian centang sebanyak 15 siswa lalu pilih Edit 


Step #9. Silahkan pilih ID Proktor / Ruang, Pilih Gelombang dan Sesi pelaksanaan siswa pada kotak sesi hari ke 1 dan sesi hari ke 2, lalu klik simpan


Step #10. Ulangi kembali step ke 8 dan 9 dengan mencentang 15 siswa yang berikutnya

Step #11. Setelah semua siswa telah diatur sesinya, klik Simpan untuk menyimpan data yang telah kita edit


Step #12. Selanjutnya pilih menu Cek Kelengkapan Data pada Asesmen Nasional untuk melihat apakah pengaturan sesi kita sudah berhasil atau belum


Step #13. Jika pengaturan sesi telah berhasil maka akan muncul simbol centang berwarna hijau seperti gambar dibawah ini


Step #14. Selesai.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai artikel tata cara mengatur sesi pada website ANBK, semoga bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan proktor dalam mengatur sesi pelaksanaan ANBK Tahun 2021. Terima Kasih

 


-Salam Satu Data-

Posting Komentar untuk "CARA MENGATUR SESI PELAKSANAAN PADA WEBSITE ANBK TAHUN 2021"

close