CARA MENGATUR SESI PELAKSANAAN PADA WEBSITE ANBK TAHUN 2021
sditannadwahtamsel.sch.id – Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan Pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetisi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.
Sebelum kegiatan ANBK dilaksanakan ada beberapa
tahap percobaan mulai dari Simulasi, Gladi Bersih setelah itu Pelaksanaan ANBK
itu sendiri. Peserta ANBK terdiri dari kelas 4 / 5 (untuk tingkat SD/MI), kelas
8 (untuk tingkat SMP) dan kelas 11 (untuk tingkat SMA/SMK) yang diambil melalui
Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan peserta ANBK ditentukan secara otomatis oleh
pusat melalui website BIOAN.
Sebelum mengikuti kegiatan ANBK pastikan sudah
dipersiapan dengan baik mulai dari data siswa, komputer/laptop, koneksi internet,
ruang pelaksaan ANBK dan server (bagi sekolah yang memilih mode pelaksanaan semi online).
Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatur
sesi pada website ANBK, sebelum melakukan proses pengaturan sesi yang pertama
harus kita lakukan adalah menarik data siswa dari BIOAN ke dalan website ANBK.
Langsung saja kita bahas bagaimana cara mengatur
sesi pada website ANBK :
Step
#1. Kunjungi laman web https://anbk.kemdikbud.go.id/
Step
#2. Masukkan username, password dan kode keamanan yang telah diberikan
Step #3. Setelah berhasil masuk maka akan muncul dashboard seperti dibawah ini
Step #4. Setelah itu pilih menu Biodata Siswa untuk menarik siswa dari BIOAN
Step
#5. Lalu klik Ambil Dari Bio-AN dan pilih Ya
Step
#6. Jika telah berhasil melakukan penarikan data siswa maka akan muncul daftar
siswa pada menu Biodata Siswa seperti dibawah ini
Step
#7. Setelah menarik data siswa, selanjutnya buka menu Asesmen Nasional dan pilih Pengaturan Sesi
Step #8. Kemudian centang sebanyak 15 siswa lalu pilih Edit
Step #9. Silahkan pilih ID Proktor / Ruang, Pilih Gelombang dan Sesi pelaksanaan siswa pada kotak sesi hari ke 1 dan sesi hari ke 2, lalu klik simpan
Step
#10. Ulangi kembali step ke 8 dan 9 dengan mencentang 15 siswa yang berikutnya
Step #11. Setelah semua siswa telah diatur sesinya, klik Simpan untuk menyimpan data yang telah kita edit
Step #12. Selanjutnya pilih menu Cek Kelengkapan Data pada Asesmen Nasional untuk melihat apakah pengaturan sesi kita sudah berhasil atau belum
Step
#13. Jika pengaturan sesi telah berhasil maka akan muncul simbol centang berwarna
hijau seperti gambar dibawah ini
Step
#14. Selesai.
Demikian
yang dapat saya sampaikan mengenai artikel tata cara mengatur sesi pada website
ANBK, semoga bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan proktor dalam mengatur
sesi pelaksanaan ANBK Tahun 2021. Terima Kasih
Posting Komentar untuk "CARA MENGATUR SESI PELAKSANAAN PADA WEBSITE ANBK TAHUN 2021"